Portal OPD Kota Depok

Blog Detail Image

Penyerahan Simbolis KTP – EL, KIA dan Akta Kelahiran Siswa/I.SLB se- Kota Depok

Ratujaya. Penyerahan secara simbolis KTP-EL, KIA dan Akta Kelahiran Siswa/I SLB Se- Kota Depok. Bertempat di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri jalan Raya Citayam Perum Permata Depok Regency kelurahan Ratujaya kecamatan Cipayung Kota Depok, Kamis (21/04/2022).

Turut hadir Sekretaris Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Hani Syopiar Rustam.SH, Kadisdukcapil Jawa Barat Dady Iskandar.MM, Kadisdik Jawa Barat atau yang mewakili,.Sri Utomo mewakili Wali Kota Depok, Kadisdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti., Kadisdik Kota Depok Wijayanto,Pengawas SLB , Kepala.Sekolah SLBN Lia Kornelia Dewi, dan lainnya.

Dalam sambutannya Kadisdukcapil Kota Depok Nuraeni Wdayatti utarakan, pelaksanaan pendataan dan perekaman KTP – EL dan penerbitan data kependudukan bagi anak – anak disabilitas yang bersekolah di Kota Depok, adalah merupakan perwujudan , bahwa setiap penduduk yang dilahirkan harus memiliki identitas, dan negara harus memberikan perlindungan hukum bagi warga negaranya dalam bentuk pemberian identitas..

“Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari tanggal.08 s/d 14 April 2022 secara bergiliran di 12 SLBN maupun Swasta di Kota Depok. Menyusul acara pencanangan gerakan pendataan perekaman dan pendataan KTP -EL dan penerbitan kependudukan dan catatan sipil oleh Dirjen Dukcapil , bertempat di SLBN Cicendo Bandung 04 April 2022 yang lalu.,dengan tema membangun masyarakat inklusif se Jawa Barat.” urai Nuraeni.

Masih dari Nuraeni Widayatti, hasil.pelaksanaan pendataan, perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan siswa/i SLB disabilitas Kota Depok . Adapun jumlah siswa/i SLB disabilitas adlah 564 orang, yang terdiri dari 156 anak tuna runggu, 402 anak tuna gravita, 4 anak tuna daksa dan tuna netra 2 anak. Data ini akan dimasukkan kedalam data SIAK.

“Yang melakukan perekaman KTP -EL ada 64 orang untuk usia diatas 16 tahun, sedangkan untuk usia di bawah 16 tahun sistem tidak bisa menerima. Dan pada hari ini akan diserahkan sebanyak 39 KTP-EL di usia 17 tahun ke atas sedangkan penyerahan KIA sebanyak 135 orang dan yang mendapatkan akte kelahiran sejumlah 15 orang.” Papar Nuraeni.

Dikatakan oleh Nuraeni Widayatti, pada hari ini akan diserahkan secara simbolis KTP – EL, KIA, dan Akte Kelahiran bagi anak – anak yang bersekolah di SLB se – Kota Depok. Adalah merupakan bentuk appresiasi kami kepada para guru, anak – anak disabilitas,.walaupun dalam proses perekaman adalah tidak mudah .

“Ucapan terima.kasih kepada Kadisdik Provinsi Jawa Barat melalui KCD pelayanan 2 dengan cepat mendapatkan kontak para kepala sekolah.SLB se – Kota Depok, sehingga dapat berjalan lancar sesuai agenda kerja..Hingga tahun 2022 ini sudah ada 72 komunitas melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Disdukcapil Depok.”pungkas Nuraeni. (peci merah).

Layanan Agenda Inovasi Kontak Penting