Portal OPD Kota Depok

Blog Detail Image

Kepala SLBN Depok Apresiasi Upaya Jemput Bola KTP EL untuk Siswa Disabilitas

Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Depok, Cornelia Dewi mengapresiasi upaya jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok terkait KTP Elektronik (KTP EL) untuk siswa disabilitas. Menurutnya, kepemilikan KTP menjadi hak seluruh warga Indonesia, tidak terkecuali penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah, kami apresiasi dan salut atas kinerja Disdukcapil Kota Depok yang dengan sabar menuntun siswa disabilitas untuk memiliki KTP. Baik saat foto, maupun cap sidik jari,” ujarnya, di sela acara Penyerahan Secara Simbolis KTP-EL dan KIA Kepada anak Disabilitas SLBN dan SLB Swasta Kota Depok, di SLBN Depok, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kamis (21/04/22).

Dirinya juga menilai, Disdukcapil sangat responsif terhadap keberadaan serta dapat melakukan pemenuhan terhadap hak-hak disabilitas. Upaya jemput bola ini memberi kemudahan, utamanya bagi orang tua siswa.

“Ada treatment khusus dan kesabaran untuk menghadapi siswa spesial ini. Alhamdulillah bisa tertangani dengan baik oleh Disdukcapil. Mudah-mudahan dengan kepemilikan KTP-EL ini, bisa dimanfaatkan dengan baik. Misal untuk pembukaan rekening jangka panjang,” ucapnya.

Senada dengan itu, salah satu orang tua siswa disabilitas, Homsatun mengaku senang karena putranya kini telah memiliki KTP. Dengan begitu, anaknya juga memiliki hak yang sama seperti warga Indonesia lainnya.

“Usianya saat ini 18 tahun. Alhamdulillah sudah punya KTP difasilitasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. kami sangat senang dan bersyukur akhirnya putra kami punya data kependudukan,” tutup warga RW 03 PLN Gandul, Kecamatan Cinere tersebut. (JD03/ED02/EUD02)

Layanan Agenda Inovasi Kontak Penting