Standar Operasional Prosedur Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Berdasarkan Keputusan Walikota Depok Nomor 477/233/Kpts/Disduk-Capil/Huk/2009, Tanggal 16 Juni 2009, Standar Operasional Prosedur Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ditetapkan sebagai Berikut :

1. Pencatatan dan Penerbitan  Bio Data Penduduk    =14 Hari

2. Kartu Keluarga ( KK )          = 14 Hari

3. Kartu Tanda Penduduk      = 14 Hari

4. Surat Keterangan Pindah  = 14 Hari

5. Surat Keterangan Pindah Datang  = 14 Hari

6. Pencatatan Kelahiran  = 30 Hari

7. Pencatatan Perkawinan  = 15 Hari

8. Pencatatan pembatalan perkawinan  = 15 Hari

9. Pencatatan Perceraian   = 15 Hari

10. Pencatatan Pembatalam Perceraian  = 7 Hari

11. Pencatatan Kematian = 14 Hari

12. Pencatatan Pengangkatan Anak = 5 Hari

13. Pencatatan Pengakuan Anak  = 5 Hari

14. Pencatatan Pengesahan Anak = 5 Hari

15. Pencatatan Perubahan Nama = 5 Hari

16. Pencatatan Perubahan Status  Kewarganegaraan = 5 Hari

17. Pencatatan Pembetulan dan  Pembatalan Akta Pencatatan Sipil = 5 Hari

 

Penyunting : Guntur Hariyanto

About the Author

Admin

Staff Operator PPID Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok

111 Comments

  • June 22, 2015 at 1:03 pm

    Bagaimana dengan status KK saya ngurus dari tanggal 28 Mei ke Kelurahan Kalibaru dan sekarang suda tanggal 22 Juni belum Jadi. menurut ket orang kelurahan masih di kantor Disdukcapil Depok . NIK 3275106808900012 kepala Keluarga Dodi Fernandes

    • Admin said:
      June 25, 2015 at 1:54 pm

      Mohon dibicarakan dengan Operator atau Register Kelurahannya karena Dinas setiap hari mencetak lebih dari 100 KK baru dan ditandatangan basah kepala dinas tinggal operator atau register kelurahannya apakah sudah mengambil hasil cetakkanya, karena Dinas tidak mungkin mengirim hasil cetakan KK ke tiap2 Kelurahan,
      terimakasih, semoga membantu

      • erni nova said:
        December 30, 2015 at 3:35 pm

        Selamat sore, saya Erni hari ini saya mengambil Surat pindàh keluar dari depok ke Bogor skpwni 3276/19112015/0078 setelah saya urus capil kab.bogor data saya tidak terdaftar di sana /off line saya disuruh kembali lagi mengurus ke depok. Saya coba menghubungi capil depok by phone Dan memberikan skpwni saya Dan no.telp saya katanya nanti dihubungi utk skpwni yg bàru, setelah saya tunggu sampai sekàrang ternyata tidak ada kbr dari capil depok Dan sayà coba telp berkali kali ke capil depok tàpi tidak aktif . yg saya pertanyaan mengapa bisa off line sedangkan proses utk mengeluarkan Surat pindah keluar memakan waktu yg lama?, mengapa telp capil depok yg tertera di kop Surat selalu tidak aktif?, Dan ternyata tidak hanya saya yg mengalami ini banyak warga yg mengurus pindah keluar mengalami offline juga apakah sistemnyà yg selalu error atau human error ? Mohon tanggapan Dan actionnya. Terimakasih

        • Admin said:
          January 5, 2016 at 11:33 am

          yth bu erna nova

          biasanya memang di akhir tahun di bulan2 desember memang jaringan sering offline karena banyaknya orang yg pindah datang dan pindah keluar juga beban penginputan akte kelahiran, memang untuk pindah kedua jaringan antar kota harus sama2 online , tetapi sekarang jaringan disduk kota depok sudah on line bu silahkan ibu urus skp wninya karena masa berlakunya hanya 30 hari semenjak dikeluarkan skpnya

          • Maman said:
            April 4, 2016 at 10:21 am

            Dear admin.. untuk pembuatan surat keterangan pindah dari depok ke DKI, persyaratannya apa saja? Mohon bantuannya

  • laily zuhriyah said:
    June 28, 2015 at 11:58 am

    Pak admin mau tanya kalo mau merubah nama yg salah ketik syaratnya apa sajaa??ini sy baru menyadari kl nama anak sy salah ketik setelah penulisan nama di ijazah SD nya sedangkan sy sdh pindah ke jawa timur apa tetep harus mrngutus ke depok ya?? Brp lama proses dan syaratnya apa saja d tunggu komfirmasinya trima kasih

    • Admin said:
      June 30, 2015 at 11:33 am

      Yth Ibu Laily Zurriyah

      Kalau kesalahan ketik di Ijasah agak panjang bu Prosesnya karena akan sampai ke Kantor Regional itu urusannya sudah ke dinas pendidikan

      • laily zuhriyah said:
        July 2, 2015 at 7:07 pm

        Maksud saya belum sampe d tulis d ijazah pak….sy koreksi nama yg benar soalnya nama yg d akte itu yg salah ketik tujuan saya ingin betulin nama d akte pak biar nnt masuk sma negri tdk terkendala dg akta bagaimana pak….brp lama perubahan nama akte anak sy dan syarat apa saja yg hrs sy bawa mengingat sy jauh dr jawa timur trimakasih banyak bpk admin….

        • Admin said:
          July 7, 2015 at 9:15 am

          yth Ibu Lali Zuhriyah

          Lebih baik ibu buat saja Akte kelahiran baru dengan syarat2 sama dengan membuat akte kelahiran baru, syarat2nya
          1. Isi Formulir Permohonan Bermaterai Rp. 6000 ( form dapat diambil didisdukcapil)
          2. Surat keterangan kelahiran dari rumah sakit .
          3. Domisili Depok
          4. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
          5. FC. KTP kedua orang tua
          6. FC. KK yang sudah tercantum nama yg bersangkutan
          7. FC Surat Nikah/Akta Perkawinan catatan Sipil Legalisir ( KUA Kecamatan Tempat Domisili )
          8. FC KTP saksi 2 orang ( untuk saksi harus selain orang tua anak dan hadir pada saat pendaftaran )

  • Dian said:
    June 29, 2015 at 8:57 am

    Pak saya mau tanya ada warga di RT kami (pengontrak ) meminta kami membuat surat keterangan RT utk kelurahan untuk membuat KK depok ( padahal sudah memililki NIK dan KK Bekasi) dengan alasan pindah rumah, sedangkan rumah yang ditempati bukan rumah pribadi ( hanya mengontrak) dan permohonanan KK dengan alamat tersebut belum persetujuan dengan pemilik rumah. Bagaimana tindakan selanjutnya ? Sebenarnya apakah dia cukup dibuatkan surat keterangan domisili saja ? apakah ada formatnya?Saya heran kenapa dia minta KK baru

    • Admin said:
      June 30, 2015 at 2:09 pm

      Yth Pak Dian

      Harusnya dalam waktu 1 x 24 jam wajib melapor ke Rt/Rw nya, dalam waktu 14 hari sudah wajib melapor ke Kelurahan sebagai warga tidak tetap untuk dibuatkan SKTT WNI( surat keterangan tempat tinggal sementara ) atau KTP Putih bisa diurus di kelurahan dan hanya berlaku 6 bulan dan tidak bisa diperpanjang lagi, warga tsb harus pindah menjadi warga depok atau bisa dikembalian lagi ke daerah asalnya.
      Jadi warga tersebut tidak akan bisa mendapatkan/membuat KK depok ataupun KTP depok kalau tidak ada Surat Pindah dari Kota Bekasi. hanya SKTT surat keterangan tempat tinggal sementara )yg berlaku hanya 6 bulan tdk bisa diperanjang lagi
      demikian semoga membantu

  • yudha said:
    June 30, 2015 at 1:55 pm

    selamat siang,,
    saya mau tanya bagaimana prosedur pembuatan ktp baru jika ada penduduk yang pindah dari propinsi lain dan ingin membuat ktp depok?
    kasus yang saya alami perpindahan dari lombok ke depok dan ingin numpang di KK kakek.
    kira-kira berapa lama proses sewajarnya?
    saya sudah ke kelurahan sukmajaya baru dimana kecamatan kakek saya tinggal dan sudah 1 bulan lebih belum jadi juga.
    terakhir dari kelurahan katanya pihak dinas belum cetak blanko untuk ektp dan harus nunggu dari pihak dinas sampai waktu yang tidak ditentukan, saya butuh ktp ini untuk syarat kerja.
    apakah seperti ini prosesnya?
    terima kasih

    • Admin said:
      June 30, 2015 at 3:12 pm

      Yth Pak Yudha

      Mohon maaf pak yudha dikarenakan sangat terbatasnya blanko e-ktp, maka untuk bapak diberikan dahulu surat keterangan pindah yg masa berlakunya sampai pilkada kota depok selesai dan keterangan sudah melakukan perekaman e-ktp, karena blanko e-ktp saat diutamakan bagi warga kota depok yg belum pernah merkam e-ktp (ktp pemula) dan yg sudah merekam tapi belum mendapatkan cetakan e-ktpnya inilah dilematisnya pak karena kota depok sudah tidak mengeluarkan KTP SIAK (kertas) ini terjadi di semua Kota di indonesia yg sudah tidak menerbitkan lagi Blanko KTP Siak (kertas). jadi untuk warga pindahan diberik dahulu surat keterangan pindah yg berlaku sampai Pilkada kota depok selesai.
      mohon maaf atas ketidaknyamannya semoga membantu

  • Leony said:
    July 1, 2015 at 9:16 pm

    Mohon penjelasan lebih detil syarat dan prosedur pencatatan pernikahan dengan WNA yg telah menikah di Luar negeri 10 thn lalu. Saya WNI dan kami baru pindah ke Indonesia utk tinggal menetap.

    • Admin said:
      July 2, 2015 at 9:53 am

      yth Ibu Leony
      terimakasih atas atensinya saya jelaskan urutan2nya
      PENCATATAN PERKAWINAN
      1.Pencatatan perkawinan dilakukan di Instansi Pelaksana tempat terjadinya perkawinan .
      2. Pencatatan perkawinan dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :
      a. Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama/pendeta atau surat perkawinan penghayat kepercayaan-
      b. KTP suami dan isteri
      c. Pas foto suami dan isteri
      d. Kutipan Akta Kelahiran suami dan isteri
      e. Paspor bagi suami atau isteri Orang Asing
      3. Pejabat pencatatan sipil pada instansi pelaksana mencatat pada register akta perkawinan dan menerbitkan kutipan akta perkawinan

      atau untuk lebih jelasnya datang saja ke Dinas kependudukan ke seksi perkawinan untuk menemui pak salvador da silva atau pak alberto
      Untuk informasi prosedur pencatatan Perkawinan dan Perceraian mohon hubungi Sdri. Budiwati ( staf bagian Pencatatan Perkawinan dan Perceraian ) di Nomor : 082122750872. Semoga informasinya dapat membantu terima kasih.

  • Clara said:
    July 5, 2015 at 2:22 pm

    Kalau mau Daftar perubahan nama setelah mendapatkan Salinan penetapan perubahan nama dari Pengadilan negri bagaimana prosedurnya jika ingin mendapatkan KK & KTP baru? Dan berapa lama proses mendapatkan KK & KTP tersebut ?

    • Admin said:
      July 8, 2015 at 10:10 am

      Yth Ibu Clara

      Ibu membuat saja surat pengantar RT/Rw untuk membuat KK dan KTp Baru (prosedurnya sama dgn membuat baru) bawa saja Salinan penetapan perubahan namanya nanti pas membuat KK dan KTP baru di Kelurahan ,Prosesnya di SOP adalah 14 Hari Kerja
      terima kasih semoga membantu

      • Budi Arif said:
        November 23, 2015 at 9:43 am

        Biayanya brp ya?

        • Admin said:
          December 3, 2015 at 11:03 am

          Yth Pak Budi arif

          Berdasarkan Perwal Kota Depok No. 15 Tahun 2014, mengenai retribusi penggatian biaya cetak, pengurusan Akta Kelahiran TIDAK DIKENAKAN BIAYA ALIAS GRATIS. Demikian jawaban dari kami. Terima kasih semoga informasinya membantu.

  • Ria said:
    July 8, 2015 at 7:37 am

    Selamat pagi,

    Saya mau tanya prosedur untuk pembuatan akta lahir. Bayi lahir di Magelang, usia sekarang 2,5 bulan, KTP & KK Ibu domisili Depok (masih ikut KK orangtuanya). Kondisinya ibu dan ayahnya sudah berpisah tetapi belum ada akta cerai. Sekarang Ibunya domisili di Depok.

    Mohon informasinya,
    Terima kasih

    • Admin said:
      July 8, 2015 at 10:05 am

      Yth Ibu Ria

      Terimakasih atas partisipasinya, Mulai tanggal 1 Oktober 2014, Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2013 dapat dibuat berdasarkan Azas Domisili. Akte kelahiran dapat dibuat didepok dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Ibu bisa mengajukan permohonan baru untuk pembuatan akta kelahiran dengan persyaratan sebagai berikut :

      1. Isi Formulir Permohonan Bermaterai Rp. 6000 ( form dapat di ambil di disdukcapil)
      2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Bidan/Dokter/RS.
      3. Domisili Depok
      4. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
      5. FC. KTP kedua orang tua
      6. FC. KK baru yang sudah tercantum nama anak
      7. FC Surat Nikah/Akta Perkawinan catatan Sipil Legalisir ( KUA Kecamatan Tempat Domisili )
      8. FC KTP saksi 2 orang ( untuk saksi harus selain orang tua anak dan hadir pada saat pendaftaran )

      disini nama anaknya tercantum di KK siapa apakah di KK ibunya atau ayahnya untuk membuat surat keterangan kelahiran dari kelurahan di mana tinggal, dan tetap lampirkan KTp ayahnya dan Ibunya juga buku nikahnya walaupun akan berpisah
      terima kasih semoga membantu

      • Ria said:
        July 23, 2015 at 5:04 pm

        Terima kasih admin atas jawabannya, apakah ada biaya untuk pembuatan akta lahir tersebut ? Usia bayi sekarang sekitar 5 bulan.

        • Admin said:
          July 24, 2015 at 9:30 am

          Yth Ibu Ria

          Berdasarkan Perwal Kota Depok No. 15 Tahun 2014, mengenai retribusi penggatian biaya cetak, pengurusan Akta Kelahiran TIDAK DIKENAKAN BIAYA ALIAS GRATIS. Demikian jawaban dari kami. Terima kasih semoga informasinya membantu. kecuali jika ibu mengurus melalui calo entah itu oknum PNS atau bukan maka akan dikenakan biaya tidak resmi yang mereka tetapkan sendiri

  • Tomo said:
    July 10, 2015 at 11:14 am

    Dear admin

    Saya baru mengurus pindahan dari luar kota (luar Provinsi) menuju Kelurahan Depok Jaya, saya sudah dapat surat pindah datang (validasi) dari disdukcapil, yang kemudian saya bawa ke kelurahan Depok Jaya beserta surat pengantar RT/RW untuk membuat KK dan KTP. Berkas diterima oleh staf kelurahan dibilang KK mungkin jadi habis lebaran, sedangkan KTP baru bisa diurus setelah KK jadi. Berhubung saya sudah pernah melakukan perekaman KTP-el sedangkan istri belum, Staf Kelurahan mengatakan untuk perekaman e-KTP istri saya mungkin bisa dilakukan di Kelurahan Beji karena alat di Kelurahan Depok Jaya sering error. Yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah prosedur membuat KK & KTP memang demikan? harus nunggu KK jadi dulu
    2. Kalau memang benar KTP harus harus menunggu KK jadi dulu, itu artinya saya dan istri tidak punya identitas sama sekali karena KTP & KK nggak ada, surat keterangan domisili atau apapun nggak ada. apakah itu dibenarkan?
    3. Apakah benar alat di Kelurahan Depok Jaya sering error sehingga harus melakukan perekaman di kelurahan lain?

    Terima Kasih atas tanggapannya.

    • Admin said:
      July 23, 2015 at 9:48 am

      Yth Pak Tomo

      Iya pak karena mungkin bertepatan dengan Cuti Bersama makan semua pelayanan dilakukan sehabis Cuti Bersama
      1. Iya pak Dasar pembuatan KTP harus terbit KK nya dahulu nanti bapak bisa membuat pengantar Rt/Rw nya untuk pembuatan KTP baru (itu standar Baku pembuatan E-KTP)
      2. Identitas bapak berdasarkan surat Keterangan Pindah yang bapak dapat dari Disdukcapil kota depok bapak bisa ambil aslinya di potokopi dahulu atau jika petugas kelurahan meminta aslinya lebih baik bapak potokopi dahulu untuk pegangan bapak.
      3. untuk alat yang ada di kelurahan yang lebih tahu kondisi alat adalah petugas operator kelurahannya pak, tetapi untuk perekaman bisa di semua kelurahan yang ada di kota depok tetapi disarankan di kelurahan yang dekat dengan domisili bapak di sekitar wilayah kecamatan Pancoranmas.

      demikian semoga membantu

  • dinar said:
    July 10, 2015 at 2:46 pm

    Siang saya mengajukan pembuatan catatan pinggir pd akta kelahiran, sdh dengan ketetapan pengadilan juga. Tp di web ini prosesnya hanya 5 hari sedangkan di kantor disdukcapil jd 14?? Bagaimana ini saya hrs apply visa minggu depan krn sdh beli tiket pesawat, penginapan, dll

    • Admin said:
      July 23, 2015 at 9:40 am

      Yth Ibu Dinar

      Berdasarkan Keputusan Walikota Depok Nomor 477/233/Kpts/Disduk-Capil/Huk/2009, Tanggal 16 Juni 2009, Standar Operasional Prosedur Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ditetapkan sebagai Berikut :
      Pencatatan Pembetulan dan = 5 Hari
      Pembatalan Akta Pencatatan Sipil

      di SOP memang segitu bu tapi mohon dibicarakan lagi saja dengan petugasnya apakah karena setelah libur cuti bersama pelayanan permohonan perbaikan akte kelahiran meminta waktu 14 hari disamakan dengan Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil lainnya.

  • Edvina said:
    July 22, 2015 at 12:21 pm

    Selamat Siang pak/bu.
    Anak saya mengajukan pembuatan KTP baru (usia 17 tahun). Tgl permohonan 26 Juni 2015 di Kelurahan Cisalak. Sudah rekam di Kel.
    Tetapi tadi di cek ke kelurahan, katanya minggu depan baru jadi.

    Apakah memang begitu lamanya pak? Kira2 berapa lama waktunya?
    Anak saya mau bikin.SIM motor, hawatir keburu masuk sekolah.

    Terimakasih pak.

    • Admin said:
      July 23, 2015 at 9:27 am

      Yth Ibu Edvina
      Berdasarkan Keputusan Walikota Depok Nomor 477/233/Kpts/Disduk-Capil/Huk/2009, Tanggal 16 Juni 2009, Standar Operasional Prosedur Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ditetapkan sebagai Berikut :
      1. Pencatatan dan Penerbitan = 14 Hari
      Bio Data Penduduk
      2. Kartu Keluarga ( KK ) = 14 Hari
      3. Kartu Tanda Penduduk = 14 Hari

      demikian semoga membantu

  • fajar said:
    July 28, 2015 at 1:51 pm

    Selamat siang, Admin.
    Apakah diperlukan persyaratan SKCK untuk pembuatan surat pindah keluar antar provinsi? apa saja persyaratannya.
    Terimakasih.

    • Admin said:
      August 4, 2015 at 9:25 am

      Yth Fajar
      sebenarnya tidak wajib membuat SKCK, tetapi ada beberapa kota di Indonesia yg mewajibkan membuat SKCK bagi penduduk yang akan mengajukan pindah datang ke kotanya. persyaratan surat pindah adalah membuat surat keterangan Pindah sampai ke Disdukcapil/Sudin Kepndudukan tingkat Kota,

      terimakasih semoga membantu

  • Prayit. K said:
    August 1, 2015 at 2:12 pm

    Selamat siang Admin Kota Depok…

    Saya mau pindah Kependudukan dari Kebayoran – Jakarta Selatan ke Limo – Depok, mohon dapat dibantu persyaratan apa saja yang diperlukan dan bagimana prosedurnya..?

    Terima kasih
    Prayit. K

    • Admin said:
      August 4, 2015 at 9:17 am

      Yth Pak Prayit.K
      Persyaratannya:
      1.dokumen yg diperlukan membawa surat keterangan Pindah Datang Asli dari Sudin Jakarta Selatan, dan e-KTP asli wajib diserahkan ke disdukcapil kota depok
      2.Langsung datang saja ke Dinas kependudukan Kota depok jl.Margonda Raya no 58 gd Baleka 2 lt.1 ruang pelayanan temui pak Nopendi bagian Pindah datang.
      3.Prosesnya pembuatan di SOP 14 hari kerja plng lama, bisa kurang dari hari tsb jika On Line lancar 3-4 hari jadi.

      terima kasih semoga membantu

  • tari said:
    August 2, 2015 at 2:33 pm

    umur saya 18 tahun dan belum memiliki KTP depok. tapi sekarang saya ingin membuat surat pindah ke Karawang. apa saya harus buat ktp depok terlebih dahulu?. terimakasih

    • Admin said:
      August 4, 2015 at 9:12 am

      Yth Tari
      Sebenarnya usia 17 Tahun sudah wajib memiliki KTP disini apakah sdri tari sudah pernah melakukan perekaman E-KTP dikelurahan, karena Disdukcapil kota depok pernah melakukan perekaman e-ktp di sekolah2 di kota depok untuk anak usia sekolah antara 15-17 tahun untuk dicetakkan e-ktpnya pas usia 17 tahun, tetapi apabila belum merekam e-ktp nanti bisa saja dibuatnya di Karawang, nanti buat saja surat pindahnya dari kota depok , tetapi disini apakah sdri Tari pindah Individu sendiri atau se keluarga, kalau sekeluarga bisa di masukaan disurat pindahnya sekeluarga (satu surat pindah bersama keluarganya dimasukkan jadi satu), kalau Individu pakai saja KK nya sebagai dasar untuk membuat surat pindah keluar , buat pengantar Rt/Rw, Kelurahan, stempel Kecamatan
      terima kasih semoga membantu

  • Ratna Gusliana said:
    August 4, 2015 at 11:16 am

    Bapak/Ibu Admin, tadi saya ke Kelurahan Tugu untuk pembuatan KK & KTP baru. Surat-surat yg diperlukan sudah lengkap. Karena suami pindah dari Bekasi, maka Surat Keterangan Datang sudah diberikan juga ke kelurahan.
    Saat saya tanyakan kapan bisa saya ambil KK & KTP-nya, petugas kelurahan Tugu bilang 3 bulan. Katanya blangko KTP kosong.
    Saya pertegas, bahwa di standing banner yg ada di kelurahan tertulis 14 hari.
    Namun, petugas kelurahan bilang itu hanya standar operasional saja.

    Kalau memang blangko kosong, apa tidak ada tindak lanjutnya ya? Apakah penyediaan blangko memakan waktu yg lama? Karena kami sebagai masyarakat juga memiliki keperluan menggunakan identitas dan KK.

    Mohon di-follow up ya Bapak/Ibu Admin Disduk Kota Depok
    Terima kasih
    Ratna Gusliana

    • Admin said:
      August 10, 2015 at 3:27 pm

      Yth IBU Ratna Gusliana

      Terima kasih atas atensinya
      Iya itu benar bu tetapi apabila Blanko belum di berikan oleh Kemendagri mau dipaksa bagaimanapun tetap tidak bisa mencetak jika belankonya tidak ada kemendagri harus melalukan Proses lelang dahulu dan itu memerlukan waktu yang cukup lama. tetapi ada kabar baik akhir agustus ini atau awal September Kemendagri bisa mendistribusikan lagi Blanko E-KTP.

      terimakasih mohon maaf atas ketidaknyamanannya, semoga membantu

  • Ratna Gusliana said:
    August 5, 2015 at 7:31 am

    Dear Admin
    Komen saya kemarin kenapa ga ada ya

    Kronologisnya begini
    Kemarin (4 Agustus) saya mengurus KK & KTP baru di Kelurahan Tugu (Kec. Cimanggis)
    Karena suami pindah dari Bekasi, maka saya juga melampirkan Surat Keterangan Datang.
    Semua dokumen yg diminta sudah lengkap.
    Kemudian saya tanyakan ke Petugas Kelurahan Tugu kapan selesai KK & KTP? Petugas menjawab, 3 bulan karena blangko kosong.

    Apa memang lama sekali? Saya lihat di banner, di website ini 14 hari utk KK & KTP
    Apakah penyediaan blangko memakan waktu yg lama?

    Data e-KTP saya dan suami masih ada koq di sistem. Bukankah hal yg mudah utk segera mencetak KTP & KK? Bukankah dg adanya e-KTP justru memudahkan kerja petugas, menjadi lebih cepat?

    Sebagai masyrakat saya sangat butuh KTP & KK utk mengurus banyak hal.

    Mohon FOLLOW UP-nya
    Terimakasih

    Ratna Gusliana

    • Admin said:
      August 13, 2015 at 3:24 pm

      Yth ibu Ratna Gusliana

      mohon maaf atas ketidaknyamannya, dikarenakan ketiadaan Blanko E-KTP dari kemendagri kita tidak bisa mealakukan pencetakan E-KTp karena kemendagri masih melakukan proses lelang blanko e-ktp tetapi akhir agustus atau awal september ini blanko e-ktp sudah bisa didistribusikan lagi jadi kami meminta kesabaran warga untuk menunggu pendistribusian blanko e-ktp dari kemendagri. semua masalah ini merata di semua daerah diindonesia

      terima kasih

  • rini said:
    August 11, 2015 at 2:50 pm

    Selamat siang Admin Kota Depok…

    saya asli dari jatim, kemudian saya mau pindah domili di kota depok karena ikut suami. saya ingin membuat KK n KTP baru yang domisili di kota depok, kemaren lusa surat pindah saya sudah jadi yang dari jatim, syarat apa saja yang harus saya persiapkan untuk membuat KK n KTP baru ? terimakasih

    • Admin said:
      August 13, 2015 at 1:49 pm

      Yth Pak Prayit.K
      Persyaratannya:
      1.dokumen yg diperlukan membawa surat keterangan Pindah Datang Asli dari Dinas Kependudukan Prov Jawa timur, dan e-KTP asli wajib diserahkan ke disdukcapil kota depok apabila sudah ditarik harus menyertakan bukti legalisir cap basah yg menerangkan E-KTp telah ditarik dari dinas kependudukan Jawa timur.
      2.Langsung datang saja ke Dinas kependudukan Kota depok jl.Margonda Raya no 58 gd Baleka 2 lt.1 ruang pelayanan temui pak Nopendi bagian Pindah datang.
      3.Prosesnya pembuatan di SOP 14 hari kerja plng lama, bisa kurang dari hari tsb jika On Line lancar 3-4 hari jadi.
      untuk pembuatan KK
      bawa saja nanti surat pindah datang dari dinas kependudukan untuk membuat KK baru untuk pembuatan E-KTP nya buat lagi pengantar Rt/Rw yg baru (prosesnya sama seperti pembuatan KTP baru)

      demikian Jawaban dari kami semoga membantu

  • August 27, 2015 at 8:41 am

    Selamat Pagi,

    Saya telah membuat akte kelahiran anak saya, namun ternyata setelah jadi baru kami sadari terdapat kesalahan tanggal lahir. tertulis di akte kalahiran tanggal 30 Mei 2014 yang seharusnya tanggal 31 Mei 2014. saya ingin menanyakan prosedur dan persyaratannya bila ingin memperbaikinya?

    Saya juga telah membuat kartu keluarga baru yang memasukan nama anak saya dan di KK tesebut tidak ada kesalahan tanggal lahir

    Terima kasih.

    • Admin said:
      August 27, 2015 at 9:51 am

      Yth Pak Fajar Prasetyo

      Harusnya kalau di KK sudah benar tidak ada kesalahan lagi di Pembuatan Akte kelahiran soalnya mengikuti nomor NIK jadi datanya tinggal ditarik saja dengan memasukan nomor NIK nya, coba bapak bawa saja lagi Akte kelahiran anak bapak ke dinas untuk di perbaiki kembali dengan membawa KK nya kalau masih ada copyan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit coba dibawa saja pak untuk memperkuat Bukti perbaikannya nanti

      terima kasih semoga membantu

  • Agung said:
    August 28, 2015 at 10:34 am

    Selamat pagi Admin, saya akan pindah datang ke depok dari Samarinda , saya akan cabut berkas dan memindahkan alamat saya ke depok, apabila alamat di depok yang saya gunakan adalah rumah sewa,apakah boleh ada 2 KK berbeda di 1 alamat rumah? KK yang satu punya saya yang baru kk yang satunya lagi kk pemilik rumah?

    rgds

    • Admin said:
      August 31, 2015 at 9:08 am

      Yth Pak Agung

      Boleh pak itu namanya Pecah KK, seperti anak yg sudah menikah trus membuat KK baru tetapi dalam satu Rumah, satu alamat dengan Orang tuanya, namanya tinggal satu rumah tapi beda KK, menurut saya itu administrasi yang baik daripada harus menumpang KK.

      terimakasih semoga membantu

  • Reni said:
    September 3, 2015 at 7:57 am

    Selamat pagi
    Di KK tercantum pedidikan saya sma, padahal D3 sehrusnya. Suami saya pun demikian, sehrusnya s1, tertera d3.
    Apakah bisa diperbaiki???

    • Admin said:
      September 7, 2015 at 2:53 pm

      Yth Ibu Reni

      Bisa bu kalau pendidikan selain NIK , bawa saja KK yang sudah dicetak ke dinas kpendudukan untuk di edit dan dicetakkan kembali

      semoga membantu

  • purwadi said:
    September 3, 2015 at 11:39 am

    Siang pak, saya sudah mengurus penggantian KK di kelurahan Limo , ganti karna KK yang lama ada pemekaran Rt 003 berubah menjadi Rt 006/01 saya sudah mengajukan sejak bulan Juni 2015 tapi sampai saat ini belum selesai sudah 2,5 bulan,,alasan dari kelurahan dari pihak dukcapil belum dicetak..

    • Admin said:
      September 7, 2015 at 3:13 pm

      yth pak Purwadi

      SOP harusnya 14 hari jadi pak, disini coba bapak tanyakan kepada operatornya di kelurahan pak Hafiz rahmat, soalnya jika sudah di input pasti langsung kita cetakkan tidak mungkin kita tunda2 lagi karena pasti pekerjaan akan menumpuk setiap hari dinas harus mencetak 1000 an KK untuk seluruh kelurahan di kota depok

      demikian semoga membantu

  • Purwadi said:
    September 3, 2015 at 1:15 pm

    Selamat siang, bpk /ibu admin, saya sudah 2,5 bulan mengurus ganti KK baru karna KK yg lama rt nya berubah KK lama Rt.003/01 saya mau ganti KK baru Rt.006/01 saya sdh pengajuan sejak bulan Juni 2015 tapi sampai sekarang belum selesai…mohon penjelasannya., Terima kasih

    • Admin said:
      September 7, 2015 at 3:13 pm

      yth pak Purwadi

      SOP harusnya 14 hari jadi pak, disini coba bapak tanyakan kepada operatornya di kelurahan pak Hafiz rahmat, soalnya jika sudah di input pasti langsung kita cetakkan tidak mungkin kita tunda2 lagi karena pasti pekerjaan akan menumpuk setiap hari dinas harus mencetak 1000 an KK untuk seluruh kelurahan di kota depok

      demikian semoga membantu

  • fina said:
    September 3, 2015 at 10:33 pm

    Selamat malam…
    Saya mau tanya, saya memilki anak yg berusia 5th, namun belum di masukan ke dalam kk. Bagaimana cara menambahkan data anak & berapakah biayanya?
    TerImakasih

    • Admin said:
      September 7, 2015 at 3:16 pm

      yth ibu fina

      bisa langsung namanya membuat KK baru tetapi buat dahulu pengantarnya dari Rt/Rw kekelurahan nanti temui operator atau registernya dikelurahan untuk dicetakkan di dinas, untuk biaya Gratis tidak dipungut biaya, paling2 biaya administrasi buat orang kelurahan

      dmemikian semoga membantu

  • haffiz said:
    September 8, 2015 at 11:07 pm

    Saya dr jakarta selatan mau pindah ke depok persyaratan apa aja yg harus sy urus, sampai bisa ktp,kk depok. Mohon pencerahannya. Trima kasih

    Hafiz

    • Admin said:
      September 23, 2015 at 11:47 am

      yth Pak Haffiz

      Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas pasrtisipsinya, berkenaan dengan pertanyaan yang Bapak sampaikan, dapat diinformasikan sebagai berikut :
      tahapan2nya bisa ibu baca di waebsite disdukcapil http://disdukcapil.depok.go.id

      1. Bapak buat surat pindah dahulu dari Sudin DKI Jakarta (tahapannya sdh jelas buat pengantar dari rt/rw dahulu , trs kelurahan ,kecamatan, sudin)
      2. nanti Bapak datang saja ke gd.baleka 2 lt.1 ruang Pelayanan kantor walikota depok jl.margonda raya no.54 (kalau bisa di urus sendiri tidak melalui calo atau oknum yg tdk dpt dipertanggungjawabkan, karena akan kena uang bensin, makan dan biasanya akan ditembak 100 ribu per kepala padahal GRATIS TOTAL )
      3. nanti temui pak Nopendi di bagian pindah datang dgn membawa surat keterangan pindah dari sudin jakarta dan dan menyerahkan E-KTP dari jakarta apabila sudah ditarik bisa minta cap yg menyatakn ktp
      demikian semoga membantu

  • Nana Juhana said:
    September 11, 2015 at 2:24 pm

    Dear Admin,

    Kami mempunyai masalah dengan NIK ayah kami, hal itu terlihat saat ayah kami akan mutasi ke Kab. Bogor, saat di urus di kelurahan Sukmajaya, ternyata NIK tidak ditemukan / terhapus, kebetulan KK juga telah hilang. Bagaimana solusinya dan kepada siapa kami harus bertemu untuk mengurusnya, mohon Admin memberikan masukan karena hal ini sangat penting bagi kami, kami tidak ingin ayah kami seperti warga Negara illegal karena tidak mempunyai KTP dan identitas lainnya.

    Salam,

    • Admin said:
      September 23, 2015 at 10:43 am

      Yth Pak Nana Juhana

      Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas pasrtisipsinya, berkenaan dengan pertanyaan yang Bapak sampaikan, dapat diinformasikan sebagai berikut :
      Silahkan datang Ke Dinas nanti kita akan cek di Server nanti kita akan telusuri permasalahan kenapa NIK tersebut bisa tidak ditemukan, mungkin solusinya akan di buatkan lagi NIK baru apabila NIk tersebut terhapus atau benar2 hilang

      terimakasi semoga membantu

  • Faisal said:
    September 21, 2015 at 2:40 am

    Admin saya mo tanya saya baru menikah dan sudah membuat KK baru. Tetapi knp KK saya dan istri msh blm terdaftar, nama saya msh ada di KK orang tua dan bgitu jg istri saya msh ada di KK orang tuanya. Sedangkan KK baru sudah di keluarkan dari kelurahan. Saya mo daftar BPJS jd tdk bisa karena nama saya dan istri msh terdaftar di KK lama. Saya harus gimana ya min??

    • Admin said:
      September 21, 2015 at 11:01 am

      Yth Pak Faisal

      Berarti database BPJS masih menggunakan data yang lama belum yang terbaru memang begituulah pak BPJS selalu tidak mau susah mereka pasti menyalahkan disdukcapil, karena daftar KK bapak yang terbaru sudah pasti ada di database Disdukcapil , untuk itu berarti bapak musti mendaftar secara Manual di BPJS sekarang sudah tidak sengantri yg dulu, nanti jika BPJS masih ga mau susah lagi menyatakan data belum yg terbaru silahkan bapak ke Dinas atau kelurahan untu meminta bukti bahwa KK bapak sudah terdaftar di Disdukcapil dan sudah data yg baru.
      terima kasih semoga membantu

  • Beni Solehudin said:
    October 2, 2015 at 2:49 am

    Mohon mav pa sebelumnya. Saya minta penjelasan tentang syarat dan prosedur pindah tempat tinggal dan sekaligus pembuatan KK baru. saya pindah dari Karawang dan baru menikah dengan istri asli dari Depok. Saya sudah punya surat pindah dari Disduk Karawang.
    terima kasih.

    • Admin said:
      October 2, 2015 at 11:28 am

      Yth Pak Beni

      Bawa saja surat pindah bapak ke disdukcapil gd.baleka 2 lt.1 ruang pelayanan di kantor walikota depok, untuk di daftarkan pindah datangnya krn surat tsb hanya berlaku 30 hari, nanti setelah surat nya jadi bapak tinggal lapor ke kelurahan untuk membuat KK nya, untk pembuatan e-ktp bapak minta dahulu surat pengantar dari rt/rw yg baru di kota depok stelah itu baru lapor ke kelurahan untuk dibuatkan e-ktpnya lebih baik sekalian saja dgn pembuatan KK nya nanti bawa surat pindahnya demikian semoga membantu

  • dewinda said:
    October 7, 2015 at 7:18 pm

    Malam,

    Saya warga baru Depok, kemarin tertanggal 22 September 2015 KK saya di wilayah Depok sudah dikeluarkan oleh disdukcapil Depok. Hari ini, tanggal 7 Oktober 2015, saya bermaksud untuk mendaftarkan diri sebagai peserta bpjs scara online, tapi ternyata KK saya belum terdaftar di BPJS. Apakah bisa dikoordinasikan lewat situs untuk masalah ini?

    Trims,
    Dewinda

    • Admin said:
      October 8, 2015 at 9:07 am

      Yth Pak Dewinda

      berarti BPJS masih menggunakan database yg lama pak belum mereka up date tetapi jika bapak suda mempunyai Nomor NIK dan Nomor KK itu sudah pasti terdaftar di Database Dinas Kependudukan Kota Depok, untuk itu bapak bisa mendaftar secara manual di Kantor BPJS sudah tidak sengantri yang dulu,

      dmikian semoga membantu

  • Andry Setiawan said:
    October 9, 2015 at 3:15 pm

    Halo,

    Anak saya ditolak oleh BPJS karena katanya NIK nya sudah dipakai orang lain???
    Gimana ini, masaka ada NIk kembar??

    • Admin said:
      October 15, 2015 at 10:56 am

      Yth Pak andry setiawan

      silahkan bapak ke disdukcapil untuk di cek lagi ,jika NIk anak bapak dipakai orang lain bisa dibuatkan lagi NIK barunya, NIK kembar tidak ada pak mungkin NIK anak bapak masih nik kelurahan bukan NIK nasional jadi NIK anak bapak ketiban oleh punya Orang lain

      demikian semoga membantu

  • dian said:
    October 16, 2015 at 8:22 am

    Pak , mau tanya nih.. Saya sudah menbuat KK baru ( terbit tanggal 2-10-2015, dan sudah saya ambil dan legalisir tgl 12 Oktober) karena meninggalnya suami saya. Akan tetapi waktu saya mau daftar BPJS online kok tertulis no KK baru saya belum terdaftar. Waktu saya coba pake no KK lama ( yang masih ada nama suami) ternyata data saya bisa keluar. berarti data KK baru saya belum diinput ya. Saya harus menanyakan ke mana Pak, atau saya cukup tunggu saja sampai data saya keinput? Saya mau segera daftarkan saya dan anak saya di BPJS. Terimakasih sebelumnya.

    • Admin said:
      November 11, 2015 at 2:03 pm

      Yth Ibu Dian

      BPJS telah bekerjasama dengan Kementrian Dalam Negeri dalam penggunaan database kependudukan, dalam hal ini data yang digunakan adalah data dari Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil masing-masing daerah, sehingga data KTP/KK yang diterbitkan Dinas Kependudukan Kepndudukan dan Pencatatan Sipil dapat diakses BPJS,
      memang benar Bu data untuk warga baru (pindah datang) dan anak yang baru lahir memang rata2 belum ter update oleh database BPJS apalagi jika KK tersebut masih baru (update KK) maka dibuatnya biasanya secara manual di kantor BPJS.

  • eko purnomo said:
    October 31, 2015 at 11:12 am

    Pak Admin,
    Saya mau menanyakan untuk akta anak saya sudah 2 bulan lebih belum selesai, yang mengurus orang kelurahan dengan membayar 250 ribu rupiah pada secara SOP pembuatannya selama 30 hari.
    Mohon penjelasannya pak.

    • Admin said:
      November 3, 2015 at 3:06 pm

      yth pak eko purnomo

      SOP 30 hari adalah pembuatan akte kelahiran GRATIS tidak dipungut biaya,, bapak terlalu mahal membayar calo sebesar 250 ribu , seandainya bapak mengurus sendiri akte kelahiran anak bapak maka tidak akan dikenakan biaya sebesar itu jadinya pun 30 hari sesuai SOP atau 2-3 hari lebih lama.
      demikian semoga membantu

  • Yusuf Satyanegara said:
    November 7, 2015 at 2:38 pm

    Selamat siang admin,

    Saat ini rumah saya di depok tapi ktp dan kk saya masih dari jawa tengah, saat ini saya ingin mengurus surat pindah dari jawa tengah ke depok. Syarat apa saja yang harus saya siapkan dari jawa tengah?
    Kemudian untuk e-ktpnya bagaimana?

    • Admin said:
      November 11, 2015 at 11:11 am

      Yth Pak Yusuf satyanegara

      Buat saja Surat pindahnya dari pengantar Rt/Rw, kelurahan, cap kecamatan, sampai ke Dinas Kepndudukan Jawa Tengah, nanti jika sudah jadi daftarkan saja ke Dinas kependudukan KOta Depok surat pindah tsb berlaku sampai 30 hari

      demikian semoga membantu

  • nur said:
    November 10, 2015 at 8:42 am

    1.Saya dulu tinggal di bandung sudah pernah buat e-ktp di bandung, tahun 2013 pindah ke depok e-ktp bandung saya ditarik oleh rt, saya belum pernah fotocopy e-ktp nya. Saat ini saya sudah proses membuat e-ktp lagi di kelurahan depok, sudah 2x dan sudah 2 tahun 7 bulan belum selesai dan saya tidak tau kenapa. Saat ini, saya masih pegang ktp depok yg jenisnya ktp nasional. Tadi saya cek via sms status e-ktp saya terindikasi duplicate, bagaimana solusinya? Apa saya bisa mendapatkan e-ktp di depok? Berapa lama SOP nya? Apakah NIK di KTP nasional saya akan berbeda dengan NIK di e-ktp?
    2. suami saya akan mengubah status kawin di e-ktp berapa lama prosedur pembuatannya?

    • Admin said:
      November 11, 2015 at 11:03 am

      Yth Ibu nur

      ibu harus menghapus salah satu NIK tersebut harusnya ibu tidak boleh mendapatkan NIK kota depok jadi yang dipakai adalah NIK Bandung karena sudah pernah melakukan perekaman disana, silahkan di cek lagi NIK bandung tsb pasti akan muncul nama ibu jadi NIK kota depok tsb yg harus dihapus (satu Orang satu NIK yg dibawa terussamapi kemana pun kita pindah, biasanya nik pertama yg kita dapatkan)apakah ibu masih punya SKP WNI nya , coba ibu datang ke dinas kependudukan kota depok untuk menghapus NIK kota depok tsb nanti akan dicek NIK bandungnya disini jadi mana nik tsb yang akan muncul diu database NAsional.

  • mrsrenisahel said:
    November 21, 2015 at 4:09 pm

    Selamat sore Admin,
    Saya mau nanya, bagaimana prosedur jika saya dan anak saya (11bulan) ingin pindah dari kk suami dan pindah kk ke orgtua (di luar provinsi) dan pindah ktp dari depok ke luar provinsi..
    Terimakasih..

    • Admin said:
      December 3, 2015 at 10:53 am

      yth mrs renisahel

      buat saja surat pindahnya mulai dari pengantar dari rt/rw keterangannya membuat surat pindah keluar antar provinsi, lalu buat surat pengantar pindah di kelurahan lalu minta cap kecamatan, nanti diurus surat pindahnya ke disdukcapil kota depok, bawa KK aslinya karena nanti akan dicetakkan yg baru yg hanya tertera nama suami ibu saja. nanti ibu akan mendapatkan SKP WNI dari kota depok untuk pindah ke daerah tujuan
      demikian semoga membantu

  • avisena said:
    November 24, 2015 at 12:31 pm

    Selamat siang,
    Saya Avisena ingin bertanya kepada admin, saya dan suami saya mengajukan permohonan KTP baru di kota depok, saya pindahan dari jakarta, semua berkas lengkap sudah saya serahkan ke kelurahan kemirimuka sejak bulan juli 2015. Tetapi sampai saat ini KTP saya belum jadi, saya sudah konfirmasi bolak balik ke kelurahan kemirimuka, tapi alasannya blanko belum ada hingga bulan oktober, hari ini suami saya kembali lagi untuk menanyakan KTP, ternyata KTP kami belum jadi juga alasannya sudah tutup anggaran dan alat cetak nya tidak ada. Saya mau perjelas sebenarnya pihak mana yang mencetak KTP disduk atau kelurahan? lalu kenapa alat cetak bisa tidak ada? lalu apa hubungannya dengan tutup anggaran? setau saya di jakarta 1 minggu KTP sudah jadi, kenapa di depok begitu lama? sampai hampir 5 bulan belum bisa diselesaikan, dimana kesulitannya? dengan fasilitas yang harusnya memadai dan waktu yang begitu lama seharusnya ID saya sudah jadi. Saya sangat memerlukannya sebagai warga negara, jujur saya sangat kecewa dengan pelayanan kelurahan kemirimuka. Lalu kapan saya bisa mendapatkan ID saya?
    Mohon diperjelas dan di follow up. Terimakasih.

    • Admin said:
      December 2, 2015 at 1:23 pm

      yth ibu avicena

      terima kasih atas atensinya saya akan coba jawab Pencetakan dilakukan di Kelurahan masing2 blanko e-ktp sudah tersedia sejak bulan oktober tetapi masalahnya Ribbon sama Filmnya sedang habis belum mendapat kiriman lagi dari Kemendagri, memang masih banyak kekurangan dalam menjalankan program pemerintah ini bu karena Blanko, Ribbon(pita cetak), Film semuanya harus disediakan oleh Kemendagri, kota atau kabupaten tidak boleh mengadakan pembelian sendiri semuanya harus terpusat. kemarin blanko pernah habis selama 3 bulan pencetakan terpaksa berhenti, sekarang Blanko sudah tersedia Ribbon sama filmnya yang habis terpaksa pencetakan terhenti. kalau DKI karena dki masih mengeluarkan KTP Kertas sedangkan kota depok sudah tidak mengeluarkan ktp kertas lagi. kekosongan Ribbon dan film situasi ini merata diseluruh provinsi jawa barat.jadi bukan hanya di kota depok saja

      mohon maaf atas ketidaknyamannya terima kasih

  • mwidiasmoro said:
    December 11, 2015 at 1:48 pm

    Yth Bpk / Ibu Admin

    Dinas Pendudukan Kota Depok

    Ada yang ingin saya tanyakan perihal proses pembuatan Akte Lahir anak Saya yang bernama ATHIRA QIDZAMA SAYYIDATUNNISA

    yang sampai hari ini belum ada kejelasan kapan selesai diterbikan , dimana informasi yang ada pembuatan AKTA KENAL LAHIR hanya membutuhkan waktu maksimal 30 hari.

    perlu diinformasikan bahwa pengurusan pembuatan AKL ini semula ingin saya proses langsung ke dinas kependudukan kota depok dengan meminta surat penghantar dari RT/RW

    dan penghantar dari Kelurahan GROGOL ,namun pada tanggal 9 September 2015 di kantor kelurahan Grogol oleh Ibu Totih Susanti

    (selaku staf kelurahan Grogol) yang memiliki nomer telp +6285771835196 menginfokan untuk diberikan langsung ke dia untuk diurus dengan biaya Rp. 250 Ribu biar cepat selesai

    katanya, dengan berat hati akhirnya saya berikan semua berkas mulai dari :

    – surat keterangan Lahir dari Rumah Sakit

    – Foto copy KTP kami selalu orang tua (suami dan istri)

    – Kartu Keluarga terlahir

    – surat penghantar RT dan RW

    – foto copy buku nikah

    berikut uang Rp, 250Ribu

    sebagai warga Depok kami mohon kejelasan proses pembuatan Akte Kenal Lahir tersebut apakah diperlukan biaya yang lebih besar lagi atau bagaimana diinfokan di web disdukcapil depok hanya 30 hari dan biaya gratis

    mohon bantuan Yth Bpk / Ibu Admin

    salam

    m.widiasmoro

    • Admin said:
      December 11, 2015 at 2:30 pm

      Yth Pak Mohamad Widiasmoro

      Itu Namanya Calo pak banyak oknum nakal seperti itu tetapi kebanyakan bukan PNS , seharusnya bapak bisa mengurus sendiri di Dinas kependudukan dan pencatatnn sipil jangan ke kelurahan bapak jadi dikerjain seperti ini saya bukannya menyalahin orang kelurahan ya pak tapi kebanyakn mereka juga mencari obyekan seperti itu, karena jika bapak mengurus sendiri alhasil 100 persen GRATIS dan mendapatkan Resi pengambilan pas 30 hari kerja. tetapi jika bapak sudah membayar seperti itu ya sudah bapak sudah menyetujuinya. sebenarnya jika bapak membayar semahal itu harusnya seminggu jadi. sekarang coba bapak minta resinya dari si ibu(calo) tersebut apakah mempunyai Resinya jika tidak walahualam apakah berkas bapak diurus ke disdukcapil soalnya sudah lebih dari 30 hari
      demikian semoga membantu

  • ali s said:
    December 15, 2015 at 4:36 pm

    apakah depok masih mengalami krisis blangko? saya tadi pagi (15 Desember 2015) ke kelurahan ratu jaya mau ngurus KTP, tapi kata pegawai kelurahannya harus nunggu minimal satu bulan, seburuk ini kah pelayanannya sampe harus nunggu satu bulan hanya untuk sebuah KTP?? atau berbulan bulan seperti ibu aviecena di atas? lalu kerja pemerintah ini apa? apakah tidak ada SOP jika blangko habis harus bagaimana? kalau pakai surat resi doank beberapa instansi seperti bank masih ndak bisa menerima keabsahannya.
    tolong di follow up segera!!!!

    • Indra said:
      December 15, 2015 at 9:32 pm

      Masih mendingan pak cuma satu bulan, saya sudah 2 tahun lebih tidak ada kejelasan. Saya sudah bolak balik nanya. Sampe bosen

      • Admin said:
        December 16, 2015 at 10:26 am

        Yth Pak Indra

        Iya pak kami sudah tahu memang operator Tirtajaya bermasalah dinas sedang mencari solusinya untuk operator tsb
        demikian terima kasih

      • ali s said:
        December 16, 2015 at 11:15 am

        waduh parah neh… gak sekalian 4 tahun pak admin biar kayak dapetin ijazah S1??
        tuh pak admin, ndak malu apa sampe dua tahun ndak beres-beres??
        harusnya ada solusi untuk kasus seperti ini, incase tingkat kelurahan ndak bisa nyetak.. ya nyetaknya di kecamatan.. in case kecamatan ndak bisa nyetak ya ke tingkat kabupaten atau walikota. bikin kebijakan mbok ya sasarannya adalah kemajuan tingkat pelayanan dan kepuasan warga.. bukan malah nyusahin gini. bener tidak??

        • Admin said:
          December 17, 2015 at 9:37 am

          Yth Pak ALi

          Makanya e-ktp dibuat berlaku seumur hidup agar semua penduduk se Indonesia bisa memiliki dahulu e-ktp, itulah PR bagi pemerintah dan pemkot kita sudah berusaha keras untuk menyelesaikan e-ktp dan kota depok sudah tidak ada lagi e-KTP siap cetak, karena penduduk yg sudah kita rekam dari awal program e-ktp semuanya 100% sudah tercetak, kecuali yg datanya rusak tidak terekam atau Penduduk Pindah datang dan KTP Pemula (17 tahun).
          tingkat kecamatan tidak ada pencetakan semua pencetakan di tk. kelurahan karena alat rekam dan cetaknya di kelurahan, dinas cuma menyediakan alat cetaknya saja bagi kelurahan yg alat cetaknya rusak. Namanya juga pelayanan pak sebagus apapun pasti masih ada kekurangan apalagi melayani Program Nasional seperti e-ktp yg pengadaannya mesti terpusat, beda sama dulu waktu masih pakai ktp kertas tapi imbasnya banyak penduduk yg memiliki KTP ganda dan ktp palsu yg digunakan untuk Penipuan, Terorisme dll nya dengan e-ktp kan semua itu bisa ditekan atau malah tidak ada sama sekali KTP ganda apalagi Palsu. semuanya bisa ke deteksi
          demikian semoga membantu

    • Admin said:
      December 16, 2015 at 10:23 am

      Yth Pak Ali

      Kalau semuanya tersedia semuanya tidak perlu menunggu samapai ber bulan bulan, namanya saja Program baru pemerintah pak tidak bisa semuanya mulus begitu saja karena yang di urusi pemerintah adalah masyarakat SE-INDONESIA bukan bapak sendiri. semuanya harus menggunakan dana APBN bapak kan tahu sekarang sudah akhir tahun mau tutup buku dan tidak mungkin mengadakan pengadaan sekarang baik pemerintah pusat apalagi pemerintah daerah yang tidak ada pagu anggaran untuk pengadaaannya karena sesuai undang2 harus menggunakan dana APBN. kami tahu KTP itu sangat penting dan Urgent untuk data kependudukan (bapak tadi bertanya sudah online buat apa bukti fisik, tapi sekarang bapak menginginkan fisik e-ktpnya), kita sudah koordinasi dengan semua SKPD terkait baik Bank, Samsat maupun PT KAI karena E-KTP belum bisa di cetak karena memang pemerintah belum mengadakan pengadaan Tinta dan film nya lagi maka Pemkot depok mengeluarkan Surat keterangan sebagai pengganti e-ktp selama masih menunggu pencetakan kemabali e-ktp
      demikian terima kasih

  • Anggi said:
    December 27, 2015 at 8:12 pm

    Saya kan mau pindah ke karawang, ktp depok. Jadi mau urus pindah ktp.
    Pas mau bikin surat pengantar dari rt dan rw kenapa di minta tarif 50rb ya?
    Masih penasaran apa aja sih prosedur nya untuk bikin surat pindah?
    Dimulai dr mna aja dan apa aja persyaratan nya?
    Apakah ada biaya yg di patok dr pemerintah beserta jajaran nya?
    Terima kasih,
    Mohon fast respons nya admin.

    • Admin said:
      January 5, 2016 at 11:53 am

      yth anggi

      syaratnya pertama minta pengantar rt/rw setelah jadi baru membuat pengantar pindah ke kelurahan dan cap kecamatan dan setelah itu buat skp wninya di dinas kependdudukan kantor walikota depok syaratnya begitu saja
      mengenai tarif harusnya gratis silahkan tanyakan ke pak rt/rwnya dana tsb buat apa apakah buat kas rt jika iya maka kasih saja seikhalsnya ibu berapa saja silahkan nanti jika dikelurahan dimintai lagi tanyakan apakah untuk biaya administrasi atau pungutan lain jika untuk biaya administrasi silahkan ibu kasih seikhlasnya asal jangan ditarifin
      demikian terima kasih

  • henry wijaya said:
    January 14, 2016 at 9:45 am

    Mohon Infonya untuk pembuatan akte kelahiran atas nama Yusuf Mansur Sulaeman yang sudah saya urus dari kelurahan bojong sari sampai ke dinas dukcapil dari tanggal 09 November 2015 sampai sekarang belum juga terbit, setahu saya untuk pengurusan surat akte kelahiran cuma butuh waktu 30 hari??? Dimana untuk urusan administrasi sudah saya lengkapi semua berkas dari mulai Surat keterangan lahir dari RS. Bhakti Yudha, Kartu Keluarga, KTP Suami/Istri sampai buku nikah. Mohon penjelasannya?

    • Admin said:
      January 21, 2016 at 4:58 pm

      yth pak henry wijaya

      dahulau bapak membuat akte nya diurus sendiri atau menggunakan calo, jika diurus sendiri maka akan dapat resinya kapan berkas masuk kapan berkas keluar (akte jadi), jika di urus oleh orang lain maka bapak minta resinya karena kalau dia tidak punya maka kemungkinan akte bapak tidak diurus oelh yg bersangkutan
      demikian terimakasih

  • s. setiani said:
    March 16, 2016 at 11:37 am

    Selamat siang bpk & ibu admin,

    Mohon dibantu persyaratan apa saja yg diperlukan untuk proses perubahan nama.
    hal ini dikarenakan semua dokumen legal saya menggunakan nama yg tdk sesuai dengan akte lahir (perbedaan hanya nama tersebut disingkat saja, tdk ada penambahan atau tdk ada pengurangan nama) ha ini terkait proses E-KTP saya yang sudah teranjur menggunkan nama baru tersebut. mohon penjelasannya, dan apa saja persyaratannya.

    terima kasih & salam,
    S.Setiani
    Depok

  • Fajar Andi N said:
    April 6, 2016 at 3:01 pm

    Perpanjangan e-ktp dikelurahan pancoran mas kecamatan pancoran mas sudah lama tidak berfungsi, kami(warga) yang akan membuat atau memperpanjang (masih model lama) terkendala karena tidak dapat rekam data dan foto, mohon perhatian dinas dan instansi terkait agar memperhatikan masalah ini

  • tiyas said:
    April 15, 2016 at 11:54 am

    Mengkonfirmasi, apakah pelayanan penggantian e-ktp karena pindah alamat dalam satu kelurahan memerlukan waktu 14 hari kerja? Saya sudah mengajukan penggantian e-ktp dari alamat rawabiru ke permata regency (dalam satu kelurahan : ratujaya) sejak bulan februari 2016, sampai saat ini (bulan april) belum juga terbit e-ktp yang baru. Mohon infonya bagaimana mengetahui progressnya?

  • aldo b musa said:
    April 15, 2016 at 3:59 pm

    dear admin
    Saya Aldo B Musa warga pindahan tetapi sudah mejadi warga depok di kp. babakan sukatani RT/RW 002/003 dengan NIK 7171050505820001, bulan desember saya ketambahan anggota baru anak saya yang kedua, persyaratan sdh saya penuhi dengan menyerahkan KK lama dan surat keterangan lahir dari rumah sakit ke petugas di kelurahan sukatani untuk pembuatan akte kelahiran dan penambahan anggota baru di KK, untuk akte kelahirannya sudah selesai bulan februari kemarin, tetapi sampai saya menuliskan komen ini KK saya belum selesai terhitung sudah 4 bulan, ini tidak konsisten dengan SOP yang ada dimana pengurusan KK 14 hari, saya tanya ke petugas dikelurahan sukatani responnya belum selesai. mohon petunjuk

  • Rujiyanto said:
    May 3, 2016 at 8:12 am

    Yth admin
    Mohon Informasinya SOP tentang Perbaikan NIK KTP,lokasi nya maupun pejabat setempat,dikarenakan NIK ,Tgl tahun lahir saya dan istri saya Salah trimakasih

    • Admin said:
      May 3, 2016 at 10:28 am

      Yth Bapak Rujiyanto

      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, Perbaikan NIK langsung datang ke kantor kami, bertemu petugas kami di server dengan membawa fc akta kelahiran dan dokumen pendukung lainnya. Semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

  • Rujiyanto said:
    May 3, 2016 at 3:29 pm

    Yth admin
    Contoh dokumen pendukung?
    Apakah fc Akta kelahiran bisa diganti dengan dokumen yang lain contoh Ijazah
    Trims

  • yusuf said:
    July 21, 2016 at 3:08 pm

    sy urus srt pindah keluar dr depok ke bekasi sdh 4x bolak balik 8 bln g jadi 2,info dr bekasi offline,gmn sih pemkot depok

  • Rudi said:
    January 6, 2017 at 10:58 am

    Yth admin

    Saya warga kelurahan sukmajaya, istri saya urus e-ktp untuk yang kedua kali Saat bulan September 2016 lalu, oleh petugas kelurahan di infokan baru e-ktp bru jadi 3 bulan terhitung setelah selesai poto. Namun sampai td 6 januari 2017 jam 10.00 wib. Blm terbit juga. Alasannya pembuatan October sampai Sekarang Baru akan jadi bulan maret. Setelah saya sampaikan kalau istri saya poto bulan September, saya disuruh mengecek sendiri dari tumpukan e-ktp yg disodorkan ke saya, tp tidak ada. Padahal sebelumnya saya sendiri membuat e-ktp Karna dompet saya hilang itu bisa langsung ditunggu. Apa bedanya membuat e-ktp Baru dengan 2x pemotretan namun tidak jadi2 dengan menerbitkan e-ktp yg hilang Tanpa poto lagi tp bisa ditunggu langsung jadi.

    • Admin said:
      January 12, 2017 at 11:33 am

      Yth. Bapak Rudi

      Terima kasih atas partisipasinya, SOP untuk pembuatan e-KTP adalah 14 hari kerja. dengan catatan tersedianya blangko e-KTP. dan untuk saat ini blangko masih belum tersedia. karena kami menunggu distribusi blangko dari Kemendagri. Maka saat ini kami belum bisa memastikan untuk pencetakan e-KTP.
      terima kasih semoga informasinya bermanfaat.

      Regard’s

    • Admin said:
      January 12, 2017 at 11:34 am

      Yth. Bapak Rudi

      Terima kasih atas partisipasinya, untuk SOP pembuatan e-KTP adalah 14 hari kerja. dengan catatan tersedianya blangko e-KTP. dan untuk saat ini blangko masih belum tersedia. karena kami menunggu distribusi blangko dari Kemendagri. Maka saat ini kami belum bisa memastikan untuk pencetakan e-KTP.
      terima kasih semoga informasinya bermanfaat.

      Regard’s

  • yuda said:
    January 16, 2017 at 9:21 am

    Mau tanya syarat pengurusan ktp yg hilang

    • Admin said:
      January 18, 2017 at 10:52 am

      Yth. Bapak Yuda

      Terimakasih atas partisipasinya. untuk syarat pergantian e-KTP yang rusak, silahkan Bapak datang ke domisili kelurahan Bapak dengan membawa fc KK dan e-KTP yang rusak. Terima kasih semoga informasinya berguna.

      Regard’s

  • Edward syahrizal said:
    January 19, 2017 at 9:16 pm

    Pak surat keterangan pindah saya sudah habis masa berlakunya…bagaimana cara memperpanjangnya?syaratnya apa saja..dan biayanya berapa?

    Trmakasih

    • Admin said:
      January 23, 2017 at 10:49 am

      Yth. Edward Syahrizal

      Terima kasih atas partisipasinya, silahkan bapak datang saja ke kantor kami untuk pelaporan pindah datang. 30 hari sejak Surat keterangan pindah dari daerah asal maka di kenakan denda Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah). ini berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 10 Tahun 2015.
      Terima kasih semoga informasinya berguna.

      Regard’s

      • Edward syahrizal said:
        January 23, 2017 at 11:03 am

        Syaratnya apa saja pa..biar sya siapkan agar nanti sya kesana tidak bolak balik…trma kasih

      • January 31, 2017 at 2:48 pm

        Selamat siang Pak,

        Perkenalkan nama saya Lilli, warga kecamatan Bojongsari, kelurahan Duren Seribu.
        Saya berencana menikah di Malang bulan Maret mendatang.
        Saya sudah mengurus surat N1-N4 di kelurahan saya. Setelah itu saya pergi ke kecamatan, dari kecamatan karena pernikahannya akan dilakukan secara Kristen saya diarahkan untuk ke Disdukcapil Depok.
        Apa saja yang diperlukan untuk dibawa untuk mengurus surat pengantar nikah? Terima kasih sebelumnya.

        Terima kasih sebelumnya.
        Salam,
        Lilli

  • dianrp said:
    January 31, 2017 at 1:39 pm

    apakah e-ktp sedang kehabisan blangko di kelurahan sawangan, sudah lebih dari 3 bulan ektp belum jadi
    dianrp

  • Arif Nugroho said:
    February 27, 2017 at 3:15 pm

    admin, untuk Legalisir KTP atau KK syaratnya apa saja ? Apakah harus orang yang bersangkutan sendiri yang datang?

    • Admin said:
      March 8, 2017 at 2:43 pm

      Yth. Bapak Arif

      Terima kasih atas partisipasinya. silahkan bapak membawa datang ke kantor kami dengan menunjukan dokumen yang asli. terima kasih semoga informasinya membantu.

      Regard’s

  • aep said:
    March 13, 2017 at 4:29 pm

    pak saya mau tanya, administrasi saya lengkap di propinsi jawa barat, tp rumah tinggal di banten, menurut aturan gimana tuh pak,.

    • Admin said:
      March 15, 2017 at 10:40 am

      Yth. Bapak Aep

      Terima kasih atas partisipasinya. itu tergantung Perda di sana. tapi Berdasarkan UU no 23 Tahun 2006 dan Perda Kota Depok Nomor 10 Tahun 2015, Setiap penduduk dikenai denda pidana dalam hal :

      1. Setiap penduduk yang bepergian tidak membawa KTP-El dikenakan sanksi pidana denda maksimal Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah) dan/atau kurungan maksimal 3 (tiga) bulan
      2. Setiap Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki izin tinggal terbatas yang bepergian tidak membawa SKTT dikenakan sanksi pidana denda maksimal Rp. 2.000.000,00 (dua juta rupiah) dan/atau kurungan maksimal 3 (tiga) bulan;
      3. Setiap Penduduk WNI yang berasal dari luar kota dan tinggal di Kota Depok lebih dari 6 (enam) bulan tidak mengurus surat keterangan pindah datang dari daerah asal, tidak memiliki KTP Depok, dan / atau tidak memiliki SKTT WNI dikenakan sanksi pidana / denda maksimal sebesar Rp. 500.000,00 (Lima ratus ribu rupiah);

      jadi kami sarankan sesuaikan administrasi Kependudukan sesuai dengan keadaan sebenarnya. terima kasih. semoga informasinya berguna.

      Regard’s

Tinggalkan Pesan