Launching Kartu Identitas Anak Kota Depok

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kota Depok meluncurkan penerbitan Kartu Identitas Anak bagi anak yang berdomisili dan Tinggal di Kota Depok, Diamana Syarat Untuk Mendapatkan Kartu Identitas Anak adalah sudah Memiliki Akte Kelahiran dan terdaftar di dalam Kartu Keluarga (KK), Untuk anak usia 0 – 17 tahun.

balon1

Dalam Sambutanya Wakil walikota Depok, K.H. Idris Abdul Shomad mengatakan “Tugas negara memberikan identitas kepada seluruh penduduknya, termasuk anak-anak, maka Pemkot Depok berupaya memenuhi hak sipil anak serta mendorong peningkatan kesejahteraan anak, baik secara jasmani maupun rohani.  Peluncuran KIA ini Sekaligus dalam memperingati hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke 44 di Lapangan Balaikota depok Kec.Pancoranmas Senin (30/11/2015).

Kerena Sesuai dengan ketentuan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Pemerintah Kota Depok terus meningkatkan berbagai upaya dalam mewujudkan salah satu program andalan Kota Depok yaitu sebagai Kota Layak Anak.

Balon

Manfaat Kartu Identitas anak ini adalah sebagai kartu yang memberikan fasilitas kepada anak berupa keringanan pembayaran terhadap fasilitas yang diberikan oleh beberapa mitra yang sudah ada kesepakatan sebelumnya,  K.H. Idris Abdul Shomad berharap sinergi dan kolaborasi positif senantiasa terjaga bagi terwujudnya Depok Kota Layak Anak.

pak wakil1

 

sipp

Pemkot Depok juga akan berkoordinasi dengan sejumlah toko buku di Depok agar kartu tersebut bisa digunakan untuk syarat diskon belanja buku khusus untuk anak, dan Mekanisme pembuatan KIA ini akan dibuat oleh masing-masing kelurahan secara berkala ujar  Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok Dra.Epiyanti, M.Si disela-sela peluncuran KIA bersama beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

 

 

 

About the Author

Admin

Staff Operator PPID Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok

23 Comments

  • yoan said:
    February 12, 2016 at 3:32 pm

    Berarti, balita yang sudah punya akta lahir, KIA-nya juga sudah ada tinggal dicetak saja gitu ya, Pak/Bu Admin?

    Tapi, bikin KIA-nya gak bisa langsung ke Disdukcapil, melainkan harus lewat kelurahan masing-masing ya, Pak/Bu Admin?

  • April 1, 2016 at 4:09 pm

    semoga lancar pak dan memberikan kemudahan bagi siswa yang kurang mampu, agar tetpa semangat belajarnya samapi ia pintar.

  • Andris said:
    April 6, 2016 at 10:15 am

    http://www.intanonline.com

  • junaedi said:
    April 16, 2016 at 7:29 pm

    Dokumen KIA sudah saya siapkan dari pagi…antrian penuh banget..saya pikir ini kan sampai malam..pas malam balik lagi ternyata kata seorang petugas kelurahan rangkapan jaya baru sistem komputernya eror dari jam 11..mohon penyelesaiannya pak..klo hari sabtu depan pasti tambah bludak…

    • Admin said:
      April 27, 2016 at 11:15 am

      Yth Ibu Nurbaety

      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, mohon maaf atas ketdaknyamanan pelayanan kami. semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

  • NURBAETY said:
    April 18, 2016 at 9:15 am

    APAKAH KIA INI SAMA DENGAN E KTP YANG BERLAKU DI SELURUH INDONESIA DAN JG UNTUK KEPENGTINGAN PENGURUSAN DOKUMEN LAIN

    • Admin said:
      April 27, 2016 at 11:14 am

      Yth Ibu Nurbaety

      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, KIA yang diterbitkan hanya berlaku untuk fasilitas lokal saja, dan hanya sebagai identitas pendukung. semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

  • Nia said:
    April 21, 2016 at 1:49 pm

    Mohon dapat di info kan mengenai alur pembuatan KIA tsb…terimakasih..wassalam

    • Admin said:
      April 27, 2016 at 10:59 am

      Yth Ibu Nia

      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, KIA diterbitkan sesuai domisili persyaratannya adalah :

      1. Fotocopy KK
      2. Fotocopy Akta Kelahiran
      3. Pas Photo 2 x 3 2 lembar

      Semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

  • siti amin harsih said:
    April 22, 2016 at 10:29 am

    Saya tinggal didepok tp KK saya purworejo, apakah boleh anak saya bikin KIA d depok

    • Admin said:
      April 27, 2016 at 10:55 am

      Yth Ibu Siti Amin Harsih

      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, KIA diterbitkan sesuai domisili, semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

  • Novi said:
    April 27, 2016 at 5:14 pm

    Harus isi form dulu kah untuk mengurus KIA?
    Jika ya, dimana bisa mendapatkan formnya?

  • Rivi said:
    May 1, 2016 at 2:44 am

    Salam Hormat,
    Saya Mau Tanya, Dimanakah Bisa Anak Saya Buat KIA ?
    Masalahnya Sekarang Anak Saya Sekolah dan Tinggal di Depok Ikut Kakek Neneknya, Tetapi Nama Anak Saya Masih Tercantum Dalam KK Saya Di Banda Aceh.
    Mohon Pencerahannya.
    Terima Kasih Sebelumnya.

    • Admin said:
      May 3, 2016 at 10:32 am

      Yth Ibu/Bapak Rivi

      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, mendaftar KIA di kel domisili pak. pendaftaran hanya berlaku untuk warga yang terdaftar sebagai penduduk depok. Semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

    • Admin said:
      May 3, 2016 at 10:38 am

      Yth Bapak RIVI
      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, Pembuatan KIA berdasarkan domisili, nama anak harus terdaftar sebagai warga depok. Semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

  • Nanik said:
    May 2, 2016 at 10:47 am

    Berapa boats Kembangan kartu identities Anak?

  • suharto said:
    May 3, 2016 at 8:40 am

    Assalamu’alaikum admin, untuk KIA apakah dikhususkan utk yang sudah mau SD.Saya mpy anak umur 5 th di bln April.Dan 1 th di bln juni.Apakah hrs dibuatkan semua ya?Ada pembagian 0-5 th dan 5th -17 th kurang 1 hari.?

    • Admin said:
      May 3, 2016 at 10:26 am

      Yth Bapak suharto

      Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, sebaiknya dibuatkan untuk kedua anaknya pak. Semoga informasinya dapat membantu.

      Regard’s

      Disdukcapil Kota Depok

  • Agus Wahyu Sudarmaji said:
    May 13, 2016 at 11:15 am

    Ada yang ingin saya tanyakan terkait KIA ini.
    Tadi pagi saya mampir ke Kelurahan untuk mengecek apakah KIA warga saya sudah jadi, karena persyaratan KIA sudah dikumpulkan pada akhir April lalu.
    Tapi petugas kelurahannya bilang kalau KIA ini sedang ada penangguhan dari Pemkot.
    Apa benar begitu?
    Ditunggu feedbacknya.

  • May 18, 2016 at 12:08 pm

    Dear admin,,,,
    Selasa Pagi tepatnya tgl 17 Mei 2016 Pkl 09:00 WIB Istri dengan anak saya yang berumur 10 bulan datang kembali ke Kelurahan Mekarsari melengkapi persyaratan yang diminta untuk dipenuhi Pihak Pengurus Kelurahan Mekarsari dalam hal pembuatan KIA karena kemarin ada yg kurang persyaratan yaitu Foto Diri (Anak) dan ternyata jawaban dari administrasi pelayanan kependudukan di Kelurahan Mekarsari menjawab “OFF LINE” jadi hari itu di tgl 17 Mei 2016 kelurahan mekarsari tidak menerima pembuatan KIA.
    Lalu istri dan anak saya datang kembali ke Kelurahan Mekarsari melanjutkan niat kami dalam PROGRAM Kementrian dalam negri dalam hal ini KIA ternyata istri saya ditolak kembali dengan alasan HARUS ANAK DIATAS 2 Tahun.
    Sangat kesal dan kecewa sekali mendengar alasan tsb dimana kami selaku warga dan orang tua yang ingin mensukseskan program tsb dalam hal pendataan anak akan tetapi diperlakukan dengan TIDAK BAIK dan penuh PEMBODOHAN.
    (Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, dimana KIA berlaku sesuai batas usia anak yakni usia 0-5 tahun dan anak 5-17 tahun)

    Pertanyaan saya:
    Apakah sebenarnya hal tsb telah disosialisasikan kepada pihak yang berkaitan atau memang masih banyak oknum2 pada pihak2 terkait yang tidak mengindahkan hal ini?
    Kenapa sampai saat ini tidak ada badan pengawas dilapangan untuk mensukseskan program tsb?
    Dan kira2 Kepala Kelurahan Mekarsari mengetahui atau tidak pembobrokan yang terjadi pada pengurus pelayanan kependudukan?

  • Thomas adi said:
    July 2, 2016 at 11:02 pm

    Yth. Admin PPID Disdukcapil Depok.

    Mohon kami diberi petunjuk bagaimana cara mengurus Akte Kelahiran anak kami, yang mana saat ini kami tidak memiliki Surat Keterangan kelahiran baik itu dari dokter, bidan, maupun penolong kelahiran dikarenakan anak kami lahir dirumah kami sendiri dan karena situasi yang benar-benar sulit saat itu (dgn tanpa dpt meminta pertolongan dari siapapun) seluruh proses persalinan istri terpaksa hanya saya (sbg suami) dan dibantu ibu mertua yang menangani semuanya. Sebagai tambahan, kami juga sudah pernah mencoba memintakan agar dibuatkan Surat Keterangan Kelahiran untuk anak kami baik itu kepada dokter, maupun bidan yang ada dekat tempat tinggal kami namun kesemuanya menolak dengan alasan karena memang bukan mereka memberikan pertolongan kelahiran anak kami. Demikian permasalahan yang dapat kami sampaikan dan besar harapan kami kiranya ada petunjuk dari Admin yang akan dapat menjadi solusi untuk kami. Terima kasih.

  • tengku said:
    July 12, 2016 at 11:01 am

    Mau tanya apakah benar pembuatan akta lahir memakan waktu sampai 2 bulan? Mohon infonya

  • corry said:
    August 1, 2017 at 10:46 am

    mas, saya bikin KIA untuk kedua anak saya dari tahun 2015 yang waktu itu program 100 hari pa idris sampai sekarang belum ada kabarnya? saya email ga dibales? saya sampai tanya ke dukcapil kemendagri (kebetulan saya PNS di Kemendagri) tetapi bilangnya tanya langsung ke dukcapil kota depok. Bagaimana ini mas? mohon infonya. makasih

Tinggalkan Pesan